Hadigrup.com – Teknik copywriting saat ini menjadi salah satu metode krusial yang digunakan untuk menarik calon pelanggan. Tidak hanya konten berupa gambar atau video, penjelasan dalam bentuk

Copywriting bikin Gampang Closing?

Hadigrup.com – Teknik copywriting saat ini menjadi salah satu metode krusial yang digunakan untuk menarik calon pelanggan. Tidak hanya konten berupa gambar atau video, penjelasan dalam bentuk teks memberikan efek yang sama baiknya.

Copywriting - Words have a Power!

source: www.2stallions.com

Dalam channel marketing, sebuah teks dapat mengarahkan calon pelanggan menjadi hot leads yang dapat terus menerus dijangkau. Pentingnya teks dalam sebuah konten menjadikan teknik copywriting ini wajib diketahui dan dilakukan oleh para pebisnis.

Lalu bagaimana sebuah teknik copywriting dapat meningkatkan penjualan? Berikut ini poin-poin dalam teknik copywriting yang wajib Anda aplikasikan.

Poin Penting Dalam Membuat Copywriting

  1. Kenali Bisnis Anda

Poin pertama dalam menyusun sebuah Copywriting yang tepat untuk Anda adalah memahami bisnis yang Anda jalani. Memahami bisnis yang dijalani mulai dari hulu hingga ke hilir akan memperjelas posisi bisnis.

Kenali bisnis Anda terlebih dahulu

Source: www.liputan6.com

Dengan memahami posisi dan bagaimana bisnis berjalan, maka Anda bisa menciptakan copywriting yang lebih spesifik sesuai dengan tren dan kultur dari bisnis yang dijalani.

  1. Memahami Produk yang Anda Jual

Poin kedua yang tidak kalah penting adalah memahami secara jelas produk apa yang Anda jual. Hal ini sangat krusial dikarenakan calon pelanggan tidak akan kebingungan dengan apa yang diberikan.

Pahami produk apa yang dijual terlebih dahulu

Source: www.elitemarketer.id

Anda harus paham secara jelas Unique Selling Point dari produk yang Anda jual baik dari aspek fitur, harga, dan kualitas produk. Semua informasi ini menjadi bahan referensi untuk menulis copywriting yang baik. baca juga artikel lainnya: tanya veronika asisten virtual.

Jika Anda membuat copywriting yang berfokus pada manfaat produk, maka calon pelanggan akan kesulitan memahami produk apa yang dijual. Jelas dan mudah dipahami adalah kunci copywriting untuk memberikan informasi mengenai produk yang dijual.

  1. Mencari Tau Siapa yang Membutuhkan Produk Anda

Poin ketiga adalah menentukan siapa yang membutuhkan produk Anda, kenapa mereka membutuhkan produk Anda, apa yang bisa Anda lakukan terhadap masalah yang mereka hadapi saat ini?

Semua pertanyaan tersebut harus Anda jawab terutama pain poin yang dirasakan oleh calon pelanggan Anda. Jika pain poin tersebut telah diketahui, Anda bisa membuat copywriting yang langsung tertuju pada permasalahan atau pain poin calon pelanggan.

Source: www.ajnn.net

Jika Anda tidak jelas dengan siapa yang membutuhkan produk Anda, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan survei terhadap calon pelanggan. Anda bisa mengumpulkan banyak informasi mulai dari pain poin hingga produk sejenis yang pernah digunakan.

Pengalaman calon pelanggan dalam menggunakan produk yang sama menjadi sumber informasi bagi Anda untuk menentukan strategi sekaligus ajakan copywriting yang tepat.

  1. Menentukan Target Market

​​​​Poin keempat yang harus diperhatikan adalah siapa target market Anda. Pada poin ini, Anda harus membuat buyer persona dan mengetahui demografi dari target pasar Anda. Dengan informasi ini, Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan calon pelanggan.

Buyer persona berguna untuk mengelompokkan calon pelanggan berdasarkan umur dan minat mereka. Sehingga Anda bisa membuat copywriting secara spesifik sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

Source: www.prettylinks.com

Anda bisa melakukan wawancara atau survei terhadap calon pelanggan Anda mulai dari umur, tempat tinggal, jumlah penghasilan, profesi, hingga keinginan yang belum terwujudkan. Dari semua informasi tersebut, Anda dapat membuat gambaran tentang target pasar yang jelas..

  1. Kerugian Bagi yang Tidak Membeli Produk Anda

Poin kelima yang perlu diperhatikan adalah alasan atau kerugian apa yang bisa dirasakan calon pelanggan ketika tidak membeli produk Anda. Pasar selalu menyediakan produk yang sejenis dengan berbagai jenis kualitas dan harga.

Di tengah persaingan tersebut, Anda harus muncul dengan alasan yang membuat calon pelanggan akan mengalami kerugian jika tidak membeli produk Anda. Anda bisa dengan memberikan penawaran diskon besar hanya sekali waktu.

Kerugian Seorang Calon Pelanggan ketika Tidak Membeli Produk

source: www.pasarsaham.com

Setelah Anda memberikan poin penting dalam copywriting, akhiri sebuah teks dengan tindakan persuasif berupa Call-to-Action (CTA) seperti segera, call now, shop now, dan sejenisnya

  1. Dukungan Riset Terhadap Produk

Poin keenam yang perlu diperhatikan adalah riset yang mendukung dari produk Anda. Sebagian besar calon pengguna percaya terhadap hasil riset dibandingkan dengan teks persuasif sederhana.

Riset produk yang sangat mendukung biasanya menggunakan teks persenan. Calon pelanggan lebih mudah menangkap maksud persenan. Anda juga dapat membandingkan angka bulat dan persenan untuk memastikan bahwa calon pelanggan Anda lebih tertarik kepada konten yang seperti apa.

Selain itu, riset dapat membawa calon pelanggan yang baru mengenal menjadi pelanggan yang mempertimbangkan produk Anda. Kekuatan riset sangat penting terutama untuk meningkatkan kepercayaan sekaligus minat calon pelanggan

  1. Testimoni Pelanggan terhadap Produk dan Layanan

​​​​​​​Poin ketujuh dalam membuat sebuah copywriting adalah perasaan calon pelanggan ketika membeli produk yang Anda tawarkan terutama keuntungan dan manfaat dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Pada umumnya, poin ini berupa testimoni dari pelanggan yang dikemas menjadi lebih persuasif dan menunjukkan empati. Sehingga calon pelanggan tertarik untuk menggunakan produk dari Anda.

Jika Anda memperhatikan poin di atas, maka copywriting yang dibuat dapat menggugah calon pelanggan sehingga meningkatkan penjualan. Lakukan evaluasi secara terus menerus untuk mendapatkan copywriting yang cocok dengan konten dan terbaik.

Bagikan Artikel ini