Hadigrup.com – Banyak produk berlomba-lomba menjadi produk TOM atau Top of Mind. Produk TOM adalah produk yang paling diingat oleh masyarakat ketika mengasosiasikan dengan hal tertentu

Perhatikan Jenis Branding Ini sebelum Membuat Strategi Marketing

Hadigrup.com – Banyak produk berlomba-lomba menjadi produk TOM atau Top of Mind. Produk TOM adalah produk yang paling diingat oleh masyarakat ketika mengasosiasikan dengan hal tertentu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjadi produk TOM adalah Branding.

Branding dan Komponen Pentingnya

source: www.grow-crop.com

Branding adalah salah satu cara paling efektif yang digunakan oleh banyak brand untuk diingat oleh masyarakat. Jenis branding yang dilakukan berpengaruh terhadap tanggapan masyarakat kepada produk yang ditawarkan.

Unsur Penting dalam Branding

Melaksanakan sebuah branding tidak hanya terbatas mengenalkan produk namun juga mengenalkan banyak aspek usaha seperti nama merek dagang, logo, tampilan visual, juru bicara, suara, hingga kata-kata seperti slogan atau tagline.

Dari banyak komponen Branding tersebut, terdapat beberapa jenis Branding yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut ini jenis Branding yang wajib diketahui sebelum melakukan perencanaan.

Jenis-Jenis Branding Yang Wajib Diketahui

  1. Product Branding

Product Branding adalah teknik branding yang umum digunakan. Tujuan teknik ini adalah mendorong konsumen untuk mengenal produk yang dimiliki oleh suatu brand. Ketatnya persaingan pada produk yang sama sehingga banyak brand berlomba menjadi yang paling diingat.

Menggunakan teknik Branding memiliki keunggulan terutama untuk menjadikan produk tersebut sebagai TOM. Pada umumnya, Product Branding dikaitkan dengan kelebihan/keunggulan, momen yang tepat, hingga warna yang diasosiasikan.

Dalam melakukan Product Branding, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti di bawah ini mulai dari nama hingga pembuatan situs untuk mengenalkan produk.

Aspek Penting dalam Branding

source: www.medium.com

Setelah melakukan Product Branding seperti di atas, langkah selanjutnya adalah optimasi dari setiap step yang dilakukan. Keberhasilan Product Branding ditentukan dari optimasi dan strategi yang dilakukan.

  1. Destination Branding

Jenis branding kedua adalah Destination Branding. Destination Branding adalah jenis branding yang mengaitkan sebuah lokasi atau tujuan dengan produk tertentu. Seringkali branding jenis ini digunakan pada produk makanan.

Destination Branding

source: www.drmarkcamilleri.com

  1. Corporate Branding

Corporate Branding adalah jenis branding yang berfokus pada meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Citra perusahaan yang dibangun dapat berupa jasa atau produk hingga nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan.

Salah satu contoh Corporate Branding yang banyak dilakukan adalah program CSR yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui program CSR yang ditawarkan, perusahaan membangun citra bahwa perusahaan berpartisipasi dalam membangun masyarakat.

CSR sebagai bentuk Corporate Branding

source: www.greatpeopleinside.com

  1. Cultural Branding

Cultural Branding adalah salah satu jenis branding yang telah dilakukan oleh banyak kelompok atau brand. Salah satu jenis Cultural Branding yang terkenal adalah budaya Ikigai dari Jepang. Konsep Ikigai membuat orang memahami Jepang sebagai negara yang selalu memiliki alasan untuk bangun di pagi hari.

Contoh lain dari Cultural Branding adalah budaya bersih-bersih. Jepang sangat terkenal dengan budaya bersih-bersih sehingga menjadi ikon negara Jepang. Ini adalah salah satu contoh dari Cultural Branding.

  1. Personal Branding

​​​​​​​Jenis Branding kedua yang sering dilakukan adalah Personal Branding. Branding tipe ini sering digunakan oleh banyak orang dikarenakan lebih fleksibel dibandingkan jenis branding yang pertama.

Personal Branding bertujuan untuk membentuk bagaimana persepsi publik tentang diri seseorang. Dengan melakukan Personal Branding, masyarakat atau orang lain akan memandang atau mengasosiasikan dengan hal tertentu.

Personal Branding "I am a Brand"

Source: www.news.unair.ac.id

Sehingga semua yang berkaitan dengan hal tersebut akan disangkutkan dengan pribadi. Misalkan Anda adalah seorang penyuka anime lalu Anda membentuk Branding diri sendiri sebagai penyuka Anime terbaru. Maka orang-orang akan memandang Anda sebagai sumber informasi untuk Anime terbaru.

Berbagai jenis Branding di atas telah banyak dilakukan di seluruh dunia. Tentukan jenis branding yang tepat lalu lakukan perencanaan yang baik. Sehingga kegiatan Branding Anda dapat berhasil dan diingat oleh masyarakat.

Bagikan Artikel ini