Hadigrup.com - Perkembangan teknologi membawa dampak yang signifikan dalam customer experience (CX) sebuah bisnis

Growth Hack: Teknologi CX untuk Mendongkrak Penjualan

Hadigrup.com - Perkembangan teknologi membawa dampak yang signifikan dalam customer experience (CX) sebuah bisnis. Saat ini, banyak teknologi yang dapat membantu meningkatkan pengalaman calon pelanggan menjadi lebih baik.

Mulai dari menyediakan banyak pilihan produk hingga penawaran secara personal yang spesifik terhadap kebutuhan calon pelanggan. Keberadaan jumlah teknologi CX yang cukup banyak, membuat Anda harus memilah teknologi yang tepat untuk mendongkrak penjualan. 

Berikut ini daftar teknologi yang dapat meningkatkan customer experience (CX).

  1. Manajemen Data Pelanggan

Data telah menjadi bahan bakar penting dalam bisnis dewasa ini. Data membantu bisnis untuk meningkatkan banyak aspeknya mulai dari internal tim hingga eksternal seperti penjualan dan marketing.

Marketer harus memahami kebutuhan data yang diperlukan. Lebih lanjut, kontrol terhadap data yang dibutuhkan dapat memberikan informasi yang tepat untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Manajemen Data Pelanggan

source. www.medium.com

Teknologi Manajemen Data Pelanggan memberikan informasi kepada marketer mengenai jumlah data yang dikontrol, visibilitas dan customer journeys, serta prioritas pengalaman pelanggan yang perlu ditingkatkan.

  1. Teknologi berbasis Cloud

Teknologi Berbasis Cloud

www.medium.com

Beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi berbasis cloud telah meningkat dengan pesat. Teknologi berbasis cloud memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teknologi on-premise.

  • Bisa diakses dari mana saja dan kapan saja
  • Investasi awal murah (biaya sewa jasa cloud)
  • Skalabilitas yang mudah ditingkatkan
  • Ketersediaan data 24/7

Teknologi CX berbasis cloud akan memudahkan bisnis dalam memahami calon pelanggan secara real-time sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan kolaboratif.

  1. Teknologi Omnichannel

Salah satu pain point yang dihadapi oleh calon pelanggan dalam customer journeys adalah tidak adanya integrasi antar channel marketing yang digunakan. Teknologi omnichannel menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi tidak adanya integrasi channel marketing. 

Omnichannel Marketing

source: crm-indonesia.com

Teknologi omnichannel melakukan optimasi setiap channel untuk memberikan pengalaman terbaik dan sama bagi setiap calon pelanggan. Teknologi omnichannel menggunakan AI untuk membantu melakukan personalisasi setiap calon pelanggan.

Diharapkan dengan personalisasi, setiap calon pelanggan merasa lebih dekat dengan produk yang diinginkan. Dampaknya adalah keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

  1. Artificial Intelligence

Artificial Intelegence menjadi tren teknologi masa depan yang mampu menyelesaikan berbagai masalah. Teknologi AI juga tidak terlepas dari Customer Experience. 

AI-Based Chat

source: www.applictions.design.blog

Artificial Intelligence mampu mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menjawab setiap pertanyaan calon pembeli satu demi satu. Chat berbasis AI dapat menjawab secara otomatis berdasarkan kebutuhan dari calon pembeli.

  1. Predictive Analysis

Perjalanan bisnis selama ini berfokus pada pengetahuan tentang kebutuhan pelanggan setelah melalui customer journeys. Informasi yang terangkum dalam customer journeys dapat menjadi data prediksi.

Predictive Analysis

www.smartdatacollective.com

Data prediksi dapat digunakan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli dan meningkatkan hubungan antara produk dengan pembeli yang loyal.

Informasi ini dapat meningkatkan retensi calon pembeli, mengurangi resiko tidak terjadinya closing, hingga mengidentifikasi kesempatan baru untuk menjual produk dan jasa berdasarkan kebutuhan pelanggan.

  1. Manajemen Otentikasi dan Identifikasi

Digitalisasi kunjungan menyebabkan bisnis mulai kewalahan untuk mengidentifikasi kunjungan secara nyata atau bot. Teknologi Manajemen Otentikasi dan Identifikasi dapat membantu menganalisa kunjungan digital.

Dengan otentikasi dan identifikasi, bisnis dapat melakukan pendataan terhadap demografi dari pengunjung. Sehingga marketer mengoptimasi iklan berdasarkan lokasi pengunjung.

Manajemen Otentikasi dan Identifikasi

source: www.vecteezy.com

Tanpa adanya teknologi ini, sangat menyulitkan untuk mengidentifikasi kunjungan digital jika hanya didasarkan pada kehadiran karena saat ini proses log-in dapat dilakukan oleh bot spammer.

  1. Manajemen CX

Customer Journeys melibatkan banyak proses bagi calon pembeli. Setiap proses memerlukan penyimpanan dan manajemen data secara real-time. Menggunakan teknologi manajemen CX dapat membantu semua pekerjaan tersebut.

Manajemen CX

source: www.qontak.com

Manajemen CX dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu yang diperlukan dibandingkan dengan manajemen data secara manual. Dengan informasi CX, marketer dapat memaksimalkan setiap proses dengan memperhatikan pain points dari calon pelanggan.

Kehadiran teknologi dapat meningkatkan efisiensi dalam manajemen customer experience (CX). Sehingga manfaatkan teknologi ini untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda.

Bagikan Artikel ini