Hadigrup.com – Warna menjadi faktor penting dalam meningkatkan perhatian calon pelanggan. Penggunaan warna yang tepat dalam strategi marketing dan branding akan memberikan kesan yang baik

Arti Warna Dalam Psikologi Marketing dan Branding

Hadigrup.com – Warna menjadi faktor penting dalam meningkatkan perhatian calon pelanggan. Penggunaan warna yang tepat dalam strategi marketing dan branding akan memberikan kesan yang sangat baik. Sehingga pengetahuan tentang warna sangat diperlukan dalam strategi marketing.

Psikologi Warna

source: www.alegostudio.com

Warna sering digunakan sebagai identifikasi brand-brand tertentu. Warna yang melekat dengan identitas brand tertentu akan memudahkan untuk meningkatkan penjualan. Warna sangat berperan dalam banyak strategi brand dan marketing seperti di bawah ini.

Urgensi Penggunaan Warna dalam Marketing dan Branding

  1. Menentukan Demografi Target Pasar

Alasan pertama penggunaan warna dalam marketing dan branding adalah identifikasi demografi target pasar. Dalam strategi marketing dan branding, pendefinisian demografi target pasar perlu dilakukan terlebih dahulu.

Demografi Target Pasar

source: www.linohvr.com

Demografi target pasar dapat berupa jenis kelamin dan usia dari calon pelanggan. Setelah mendapatkan informasi jenis kelamin dan usia pelanggan, Brand dapat menentukan warna yang tepat untuk menarik perhatian.

  1. Membentuk Identitas Brand

Beberapa brand tertentu memiliki warna identik yang sangat kental. Salah satunya adalah bisnis franchise makanan. Penggunaan warna yang digunakan adalah warna kuning dikarenakan membawa sikap optimisme.

Identitas Brand

source: www.graphie.co.id

Sebagian besar calon pelanggan lebih mudah mengingat warna brand dibandingkan dengan logo. Sehingga memiliki warna tertentu sebagai identitas brand sangat penting agar dapat diingat lebih cepat oleh masyarakat.

Warna-Warna untuk Marketing dan Branding

  1. Merah

​​​​​​​Merah adalah warna dominan yang sering digunakan oleh banyak Brand sebagai warna utama. Warna merah sendiri memiliki artian yang menggairahkan, mendesak, dan memiliki antusiasme yang tinggi.

Warna Merah dalam Psikologi Marketing

source: www.medium.com

Brand beranggapan bahwa warna merah dapat menarik perhatian dari calon pelanggan sehingga memiliki antusiasme untuk menggunakan Brand tersebut. Beberapa Brand makanan menggunakan warna merah sebagai identitas warna Brand tersebut.

  1. Hitam atau Putih

​​​​​​​Warna Brand ketiga yang sering digunakan adalah hitam atau putih. Hitam dalam psikologi marketing menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas kerja. Sedangkan warna putih menunjukkan kemurnian dan kesucian.

Hitam dan Putih dalam Psikologi Marketing

source: www.syunamom.com

Dengan menggabungkan hitam dan putih, Brand menunjukkan keseimbangan yang mereka pegang. Dengan kesan mewah dan abadi, warna hitam dan putih memberikan kesan yang mendalam dan mudah diingat bagi calon pelanggan.

  1. Kuning

​​​​​​​Warna kedua yang menonjol dan sering digunakan adalah kuning. Warna kuning mampu meningkatkan optimisme dan kehangatan seperti matahari. Warna kuning dianggap sebagai warna yang kaya karena mirip dengan emas.

Palet Warna Kuning dalam Psikologi Marketing

source: www.dictio.id

Selain itu, warna kuning menjadi pusat perhatian dari tempat yang ramai. Orang bisa mengidentifikasi dan fokus pada warna kuning lebih cepat dibandingkan dengan warna lainnya. Sehingga warna kuning cocok untuk digunakan fokus perhatian.

  1. Hijau

​​​​​​​Hijau adalah warna yang ramah dan bisa dilihat di mana saja. Warna hijau memberikan kesan segar, tenang, dan sehat. Kedamaian dan pertumbuhan adalah sifat yang dimiliki oleh warna hijau. Warna ini sangat cocok untuk Brand finansial support.

Palet Warna Hijau di Psikologi Marketing

source: www.blog.sribu.com

Brand yang ingin menampilkan kesan kedamaian dan pertumbuhan dapat menggunakan warna hijau. Beberapa Brand telah menggunakan warna hijau sebagai identitasnya seperti Starbucks.

  1. Biru

​​​​​​​Biru adalah warna yang identik dengan kekuatan dan ketenangan. Warna biru memberikan kesan pengetahuan yang dalam, pengalaman yang semakin tinggi, dan ketenangan dalam berpikir serta bertindak.

Palet Warna Biru dalam Psikologi Marketing

source: www.pexels.com

Warna biru sangat cocok digunakan sebagai identitas Brand yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang tertentu. Biru memberikan kesan profesionalitas dan kredibilitas lembaga.

Selain warna di atas, masih banyak warna lain yang bisa digunakan untuk memberikan kesan tertentu. Penggunaan warna dapat memberikan makna yang lebih baik bagi calon pelanggan dalam memahami identitas Brand.

Bagikan Artikel ini