Hadigrup.com - Tokoh-tokoh tersebut adalah mereka yang telah meraih kesuksesan dan meraup keuntungan dari hasil kerja kerasnya dalam dunia e-commerce baik di Indonesia atau luar negeri.

10 Tokoh Sukses Dalam Dunia E-Commerce

Hadigrup.com - Dunia E-Commerce kian berkembang dari waktu ke waktu. Hal itu pastinya tidak terlepas dari tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Tokoh-tokoh tersebut adalah mereka yang telah meraih kesuksesan dan meraup keuntungan dari hasil kerja kerasnya dalam dunia e-commerce baik di Indonesia atau luar negeri.

Beberapa ada yang menggeluti bidang teknologi, perdagangan, sosial, gaya hidup, dll. Mereka berjuang dengan cara dan visi yang mereka miliki untuk bisa berhasil dan sukses. Berikut 10 tokoh penting dalam dunia e-commerce beserta kisah suksesnya.

1. Jack Ma

hadigrup.com

Sumber: www.genesisfreight.co.uk

Jack Ma merupakan pendiri Alibaba yang merupakan e-commerce terbesar di Tiongkok. Kesuksesannya sudah banyak didengar oleh banyak orang dan kini Jack Ma telah menjadi salah satu tokoh yang paling populer di dunia. Tak hanya itu, Jack Ma juga menempati posisi sebagai salah satu dari deretan orang terkaya di Tiongkok.

Alibaba merupakan sebuah situs e-commerce yang berbasis market place/C2C, di mana antara supplier dan customer dipertemukan untuk melakukan kegiatan jual beli secara online. Pada tahun 2003, Alibaba juga mendirikan sebuah situs belanja yang bernama Taobao. Untuk melebarkan sayapnya di Indonesia, Jack Ma mengakuisisi sebuah e-commerce Indonesia, yaitu Lazada.

 

2. Jeff Bezos

hadigrup.com

Sumber: www.standard.co.uk

Siapa sangka bahwa situs jual beli online terbesar di Amerika, Amazon, awalnya terbentuk dari ide yang sangat sederhana. Jeff Bezos menemukan sebuah potensi dari usaha ritel buku pada tahun 1994 di Amerika Serikat. Sayangnya, saat itu belum ada katalog yang lengkap. Berangkat dari hal tersebut, Jeff Bezos memiliki ide untuk membuat website yang dapat memperkenalkan semua produk buku dengan cara yang praktis dan mudah. Dari ide sederhana itu, kini Amazon tak hanya digunakan untuk memperkenalkan produk saja, tapi berbagai macam barang seperti elektronik, alat-alat rumah tangga, hingga jasa aplikasi penyimpanan data online.

 

3. Tony Hsieh

hadigrup.com

Sumber: neilpatel.com

Tony Hsieh membuat banyak orang iri karena telah menjadi seorang milioner di usianya yang masih muda. Ia menjadi CEO dari Zappos.com yang merupakan toko sepatu dan pakaian online. Hsieh pernah berkuliah di Harvard University dan sempat mendirikan beberapa start-up bersama rekan-rekannya. Start-up tersebut diantaranya Ask Jeeves, OpenTable, hingga akhirnya mereka membuat Zappos yang menuai kesuksesan dan meraih pendapatan hingga $1 miliar di tahun 2009.

 

4. Samwer Brothers

hadigrup.com

Sumber: thehustle.co

Mereka merupakan tiga bersaudara asal Jerman, yaitu Marc, Oliver, Alexander Samwer yang mencetuskan pendirian Rocket Internet yang merupakan incubator startup. Mereka dikenal sebagai eksekutor yang andal, cepat, dan agresif. Kini Rocket Internet mengendalikan lebih dari 140 perusahaan di lebih dari 100 negara dengan nilai perusahaan gabungan yang mencapai lebih dari US$4 miliar. Rocket Internet hadir di Indonesia dengan sejumlah startup bawaannya, yaitu Lazada, Zalora, Lamudi, Carmudi, dan Bridestory.

 

5. Peter Thiel

hadigrup.com

Sumber: www.cnbc.com

Kekayaan yang dimiliki Peter Thiel mencapai US$2,8 miliar berkat kesuksesannya dan kedua temannya dalam mendirirkan PayPal. PayPal didirikan pada tahun 1998 dan merupakan sebuah sistem pembayaran online. PayPal dibeli oleh eBay dengan harga $15 miliar. Selain menjadi CEO PayPal, Peter Thiel juga seorang investor dari Facebook.

 

6. William Tanuwijaya

hadigrup.com

Sumber: www.linkedin.com

Dalam dunia startup Indonesia, pasti nama William Tanuwijaya tidak asing lagi. William Tanuwijaya meraih kesuksesannya bersama Leontinus Alpha Edison dengan mendirikan Tokopedia. Alumni dari Universitas Bina Nusantara ini berjuang dari awal pendirian Tokopedia untuk mendapatkan dana yang cukup. Rupanya kerja kerasnya tidak sia-sia karena Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

 

7. Achmad Zaky

hadigrup.com

Sumber: www.moneysmart.id

Bukalapak berawal dari keinginan seorang Achmad Zaky untuk membangun sebuah usaha yang bermanfaat bagi masyarakat, utamanya dalam sektor UKM. Bukalapak merupakan portofolio investasi EMTEK Group telah berhasil mengembangkan usaha serta meraih keuntungan yang cukup besar dan terus meningkat hingga saat ini.

 

8. Jason Lamuda

hadigrup.com

Sumber: sepositif.com

Jason Lamuda selalu berpegang pada prinsipnya, yaitu work-life balance. Jason Lamuda berhasil meraih kesuksesan lewat Berrybenka. Ia merintis usah tersebut dari nol dan kini Berrybenka telah berhasil mengembangkan usahanya dengan memiliki anak perusahaan, HijaBenka. Ia juga memperluas bisnis online miliknya dari B2C ke o2o dengan menghadirkan pop up store di kota-kota besar di Indonesia.

 

9. Ferry Tenka

hadigrup.com

Sumber: www.orami.co.id

Ferry Tenka dan Jason Lamuda pernah bekerja sama dalam mendirikan Disdus. Ferry Tenka juga meraih kesuksesan sebagai co-founder Berrybenka dan Bilna. Saat ini Ferry Tenka sedang fokus dengan Orami, nama baru dari Bilna setelah merger dengan startup Moxy.

 

10. Kusumo Martanto

hadigrup.com

Sumber: inet.detik.com

Kusumo Martanto adalah pendiri Blibli, e-commerce berbasis B2C yang termasuk e-commerce terbesar di Indonesia. Konsep dari Blibli adalah mall online dengan menggandeng beberapa penjual yang sudah terpercaya untuk menjual produk mereka kepada para pelanggan secara online. Saat ini Blibli pun semakin besar dan juga aktif mensponsori banyak acara keluarga khususnya bulutangkis.

 

Bagikan Artikel ini